Yuk Bisnis Minuman Segar, Modal Minimal untung maksimal

g3Selamat datang Pengunjung setia bisnisterupdate, Jumpa lagi bersama website sederhana ini… posting kali ini bisnisterupdate.info membahas masalah dengan judul “Yuk Bisnis Minuman Segar, Modal Minimal untung maksimal” Yuk Langsung aja simak… go..go..!!

Bisnis seputar kuliner baik makanan maupun minuman memang tak pernah sepi pembeli dan memiliki prospek yang sangat bagus. Karena itu banyak sekali masyarakat Indonesia yang menekuni usaha ini. Kenapa kami mengulas seputar minuman karena usaha dibidang minuman semakin banyak berkembang dan banyak sekali menu-menu fresh yang beredar, dan potensi  keuntungan bisnis minuman juga tak kalah dengan bisnis makanan. Senlain itu berbagai jenis varian minuman juga semakin banyak digemari konsumen, maka tak jarang kita menemui berbagai franchise bisnis minuman disekitar kita. Dan secara tidak langsung kesuksesan usaha minuman juga dipengaruhi teman sejatinya yakni usaha makanan, yang mana tak lengkap rasanya jika makanan tanpa ada minuman.
Cara Meraih Untung dari Usaha Minuman yang Menjanjikan

Berikut ini sedikit tips dan langkah-langkah yang harus anda pahami sebelum memulai usaha minuman :

Siapa Konsumen Kita?

Tidak bisa dipungkiri bahwa minuman merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat sehingga seluruh kalangan masyarakat dapat menjadi target market kita mulai anak kecil hingga orang dewasa. Dan tentu saja ini menjadi peluang besar bagi kita untuk meraih keuntungan secara maksimal di usaha ini.

Produk Minuman Apa Yang Akan Dijual?

Dalam usaha minuman tentu ada banyak sekali menu-menu yang bisa anda tawarkan. Dari berbagai minuman hangat hingga minuman dingin serta anda dapat mencoba berkreasi dengan menciptakan menu-menu baru. Menu-menu minuman hangat yang sering kita jumpai antara lain wedang jahe, wedang ronde, wedang tahu, wedang uwuh, bajigur, sekoteng, teh kemasan, aneka kopi, aneka minuman coklat hangat yang saat ini banyak kita temukan di pasaran. Sedangkan minuman dingin juga tak kalah diantaranya es krim, es teler, es cendol, es buah, es doger, es degan, soup buah hingga salad juga dapat kita jadika sebagai menu andalan dalam usaha minuman kita.

Selain itu kita juga harus melihat pasar kita dimana kita akn berjualan, jika didaerha berlokasi dingin mungkin minuman hangat akan lebih laris jika dibandingkan didaerah panas begitu juga sebaliknya. Sedangkan masalah harga tentu saja sangat bervariasi tergantung jenis minuman yang anda jual. Dalam memberikan harga hendaknya disesuaikan dengan kualitas minuman kita.
Bagaimana Cara Mempromosikan Minuman Kita?

Yang juga tak kalah penting dalam menjalankan usaha adalah faktor pemasaran atau promosi karena dari proses inilah kita akan mendapatkan konsumen. Cara yang paling sering kita jumpai dalam berpromosi adalah memanfaatkan media baik media cetak seperti brosur, banner dan spanduk maupun media online melalui social media atau website. Namun jika usaha anda mulai berkembang anda dapat membuka kemitraan dengan cara franchise atau waralaba.
Kenapa Harus Usaha Minuman?

Usaha minuman memiliki beberapa kelebihan diataranya bisnis ini merupakan peluang bisnis yang mudah sehingga siapa saja dapat melakukannya. Selain itu modal yang diperlukan juga sanagt kecil dan tidak harus membutuhkan tempat yang luas. Anda dapat mulai berjaulan menggunakan gerobak yang menetap disuatu tempat yang ramai.
Apa Saja Kekurangan Bisnis Minuman ini?

Yang namanya usaha pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk pengusaha minuman dingin omset yang didapat biasanya tergantung pada cuaca, jika memasuki musim hujan biasanya omset mereka akan berkurang. Sedangkan untuk pengusaha minuman hangat waktu usaha mereka terbatas, biasanya minuman hangat akan sangat laku pada sore hingga malam hari karena jika siang hari konsumen akan lebih memilih membeli minuman dingin. Nah anda bisa menyiasati kekurangan ini dengan berjualan minuman dingin dan minuman hangat.

 

Tips Sukses Membuka Usaha Minuman

Yang namanya bisnis pasti kite mengejar keuntungan yang besar. Selain keuntungan kita juga harus selalu memperhatikan kualitas prodak kita. Karena kepuasan konsumen adalah yang terpenting untuk dapat mencapai keutungan itu. Selain itu jika anda mau berinovasi menciptakan minuman baru yang belum ada dipasaran, anda akan memiliki keistimewaan sendiri untuk memikat konsumen.

Selain dari kualitas produk minuman kita, kita juga harus mempertimbangkan lokasi yang tepat untuk produk kita. Sehingga diharapkan nanti akan dapat mencapai untung yang maksimal. Tempat-tempat yang bagus adalah yang dekat dengan keramaian misalnya dekat sekolah-sekolah, taman bermain, area perkotaan yang ramai dan masih banyak lagi.

Mari kita coba untuk menganalisa berapa modal dan perhitungan bisnis minuman teh ini.

Modal awal bisnis minuman teh

Modal awal Rupiah
Both mini/ counter kayu kecil 2.500.000
Kursi, Box ice, box teh, pengaduk 500.000
Persediaan awal (gula, teh, gelas, air, sedotan) 1 bulan 2.000.000
Sewa tempat 1 bulan 500.000
Total Modal awal 5.500.000

Persediaan awal untuk 1 bulan kedepan perlu disiapkan, agar jangan sampai timbul kekosongan barang, baik karena ketidaksediaan dana maupun barang. Bisnis minuman merupakan bisnis rasa yang tidak bisa dirubah-rubah seenaknya, karena akan membuat konsumen kecewa jika tidak mendapatkan rasa yang diinginkan. Jadi misalnya biasanya menggunakan teh merk “ceret” diusahakan teh merk tersebut tidak diganti2, karena jika ganti dengan merk lain, tentu rasanya akan berbeda. Kecuali rasa teh merk tersebut memang tidak disukai konsumen.

 

Pengeluaran Bulanan

Biaya bahan baku harian (asumsi 75 cup/ hari)

Biaya bahan baku Rupiah
Bahan teh 150 gram 9.000
Gula 2 kg 23.000
Air  1 galon 4.000
Es batu 7.000
Cup/ Gelas plastik (75 cup) 37.500
Total biaya bahan baku 80.500

Dari total biaya bahun baku harian dikali 30 hari dan ditambah biaya lain-lain diperoleh pengeluaran bulanan Rp. 3.615.000 dengan rincian seperti di bawah ini.

 

Pengeluaran Bulanan Rupiah
Biaya bahan baku harian x 30 hari 2.415.000
Sewa tempat 500.000
Gaji karyawan 700.000
Total pengeluaran bulanan 3.615.000

Pemasukan Bulanan

Jika harga jual es teh per cup Rp. 2.500,- dengan asumsi penjualan 75 cup/ hari = 2.250 cup/ bulan, maka akan diperoleh pemasukan bulanan Rp. 2.500,- x 2.250 = Rp. 5.625.000,-

Sehingga akan diperoleh keuntungan bersih Rp. 5.625.000,- – Rp. 3.615.000,- = Rp. 2.010.000,-

Tapi perhitungan tersebut hanyalah perhitungan diatas kertas. Pada kenyataannya bisa lebih sedikit atau lebih banyak. Untuk itu perlu dilakukan pemilihan lokasi dan teknik pemasaran yang tepat, agar hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *