Bisnis Konter Pulsa Masih Menjanjikan, Simak Tips Berikut

pulsaSelamat datang Pengunjung setia bisnisterupdate, Jumpa lagi bersama website sederhana ini… posting kali ini bisnisterupdate.info membahas masalah dengan judul “Bisnis Konter Pulsa Masih Menjanjikan, Simak Tips Berikut” Yuk Langsung aja simak… go..go..!!

Untuk memulai usaha konter HP yang paling awal adalah dimulai dari tahap yang paling sederhana lebih dahulu. Anda tidak perlu mengeluarkan uang berjuta-juta untuk memulai usaha ini. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari orang-orang sukses, mereka rata-rata memulai usahanya dari 0 (nol).

Sebelum anda melangkah dengan segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan HP, maka yang harus anda siapkan adalah HP. Modal Pokok untuk memulai bisnis ini adalah anda harus memiliki HP. Jika anda sudah punya HP anda sudah bisa memulainya sekarang.

Jumlah pengguna handphone terus saja bertambah. Kebanyakan dari pengguna ini memakai kartu prabayar, dan tentu saja memerlukan pengisian pulsa. Nah, seiring pertumbuhan pengguna HP ini, konter penyedia isi ulang pulsa juga terus bermunculan.

Oke langsung saja, bagi anda yang berniat membuka usaha Counter Pulsa mungkin ini bisa menjadi rujukan dan pertimbangan anda.

Persiapan yang harus anda lakukan adalah

  1. Modal yang diperlukan untuk membeli pulsa dan kartu perdana
  2. Survey tempat penyedia pulsa multi yang murah dan berkualitas.
  3. Cari posisi strategis untuk disewa dan dijadikan counter

 

Pelaksanaanya :

  1. Membeli voucher pulsa dari penyedia pulsa elektrik dan vocher fisik.
  2. Membeli dan memilih kartu perdana yang dibutuhkan.
  3. Harus pandai memperkirakan stok pulsa dapat bertahan minimal untuk 2 hari
  4. Membeli HP yang murah saja untuk alat transaksi pulsa anda.
  5. Membeli Aksessoris HP (Batterai, Heandset, Carger, dan lain-lain)
  6. Membuat papan nama, tidak perlu besar, yang penting konsumen tahu kalau tempat anda menjual pulsa.
  7. Jual pulsa jangan terlalu mahal, cukup mengambil untung 700 sampai 1000 saja per transaksi. sehingga akan banyak pelanggan anda. karena iklan paling jitu adalah iklan dari mulut kemulut.

Tantangan dan rintangan :

  1. Banyaknya saingan
  2. Vocher fisik dan kartu perdana habis masa berlakunya

Bagi anda yang juga ingin membuka jenis usaha yang satu ini, sebaiknya perhatikan dulu beberapa hal berikut ini, sebelum anda memulai usaha konter pulsa.

  1. Persiapan Tempat Usaha dan Prasarana Berjualan

Pilihlah lokasi yang paling strategis untuk membuka konter pulsa anda, karena menurut survei yang pernah dilakukan, 80 % penjualan pulsa dipengaruhi oleh lokasi yang strategis. Beberapa tempat yang paling bagus untuk mendirikan konter pulsa diantaranya di sekitar perempatan jalan, tempat naik dan turunnya angkutan umum, pintu masuk kompleks perumahan, samping ATM/Bank, depan minimarket atau ruko, serta pusat-pusat keramaian lainnya.

Selain lokasi yang strategis, anda juga perlu mempersiapkan etalase berukuran 1 x 1 meter. Harga dari etelase dengan ukuran tersebut biasanya antara Rp. 300 – Rp. 600 ribu rupiah. Perlengkapan lainnya yang tidak boleh anda lupakan adalah papan harga yang bisa anda buat dengan whiteboard berukuran 1,2 x 1 meter. Anda dapat membelinya di toko-toko dengan harga sekitar Rp. 50 – Rp. 80 ribu rupiah. Untuk tempat duduk para pembeli yang datang, minimal anda harus menyediakan 2 buah kursi plastik.

  1. Pilih Barang Dagangan

Saat berjualan pulsa di konter anda, tentunya anda harus menyediakan pulsa fisik maupun elektrik. Namun sebaiknya anda tidak perlu menyediakan stock pulsa fisik terlalu banyak, karena berdasarkan sebuah riset, 70 % penjualan pulsa di konter adalah pulsa elektrik, sedangkan 30% sisanya adalah pulsa fisik. Jadi yang perlu diperbanyak adalah deposit pulsa elektrik di konter anda. Untuk memantau perkembangan penjualan pulsa di konter anda, sebaiknya buatlah daftar penjualan pulsa berdasarkan provider. Hal ini bertujuan untuk mengetahui provider pulsa mana yang memiliki tingkat penjualan paling tinggi, yang selanjutnya harus anda sediakan stocknya paling banyak juga.

Meskipun beberapa provider kadang memiliki tingkat penjualan yang rendah, bahkan tidak laku. Untuk menghindari kekecewaan pelanggan yang datang karena tidak tersedia stock, sebaiknya anda tetap menyediakan provider pulsa tersebut di konter anda. Untuk pulsa fisik ataupun elektrik, dapat dilakukan ke distributor atau agen penjualan pulsa, seperti di sentra penjualan ponsel dan pulsa yang ada di Roxy Mas atau ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat.

Untuk menghemat biaya pengeluaran, bagi para pemula sangat disarankan untuk menggunakan multichip ( satu kartu untuk semua provider ) karena hanya membutuhkan 1 buah ponsel saja. Namun jika anda memiliki modal yang cukup besar, hal tersebut bisa dilakukan dengan satu chip untuk satu provider, sehingga pembelian pulsa nantinya langsung dari provider bukan lewat distributor atau agen.

Selain pulsa fisik dan elektrik, anda juga bisa menyediakan beberapa accesoris hp di konter anda. Meskipun penjualan aksesoris biasanya tidak sebesar pulsa, namun keuntungan yang anda raih bisa mencapai angka 100 %, berbeda dengan pulsa yang biasanya hanya sekitar Rp.500 – Rp.1.500 ribu rupiah/transaksi. Aksesoris yang bisa dijadikan pilihan antara lain casing, baterai, tali hp, charger, keypad, headset/earphone, kaca antigores, hingga sarung HP.

  1. Kiat Menjual Produk

Untuk menarik minat calon pembeli datang ke kontar anda, maka anda harus mengetahui kelebihan apa yang dimiliki oleh konter pulsa anda. Misalkan, konter anda harus memiliki pelayanan yang ramah, kios yang buka sampai malam hari, lokasi yang strategis bagi pembeli, hingga memberikan hadiah kecil seperti permen dan air mineral pun dapat anda coba terapkan di konter milik anda. Selain itu, anda juga harus mengikuti setiap perkembangan mobile yang terjadi, misalnya dengan membaca artikel di Internet, tabloid, dan koran. Agar pelanggan di konter anda semakin meningkat dan tidak pergi, sebaiknya anda juga harus mempertimbangkan untuk menerima servis terhadap permasalahan yang terjadi pada ponsel konsumen di konter anda.

Strategi usaha yang bisa anda lakukan adalah:

-Dengan mencari tempat yang strategis, misalkan di pinggir jalan atau dekat keramaian yang banyak di lalui orang.

-Dengan mematok harga yang kompetitif juga bisa jadi strategi jitu, misalkanĀ  harga berbeda Rp.500 – 1.000 dengan konter yang lain.

-Carilah agen pulsa dengan harga yang miring dan anda bisa menjual harga murah.Dalam hal ini anda bisa memesannya ke agen pusatnya langsung atau tangan pertama.

-Pilihlah agen pulsa dengan sistem pengiriman tercepat, hal ini tentunya di luar masalah jika terjadi gangguan sistem server atau operator.

-Pilihlah akesoris yang sedang tren dan banyak di gemari. janganlah menyetok barang terlalu banyak untuk aksesoris yang musiman.

-Bila anda punya dana lebih anda bisa membeli seperangkat komputer second dan printer photo, untuk usaha cetak photo. Pemakaian Hp kamera kian marak di kalangan remaja, ini juga bisa jadi peluang usaha cetak photo di konter anda.

-Bersabar, salah satu yang harus di lakukan adalah bersabar, tekun, dan berdoa kepada Alloh. Karna usaha konter pulsa hp butuh kesabaran untuk mendapatkan pelanggan, tidak seperti tukang obat yang di pasar, teriak-teriak ngomong panjang lebar terus di kerumuni orang banyak. Anda juga bisa seperti itu, cuma caranya bisa dengan membuat iklan di depan usaha konter pulsa anda contohnya dengan memajang harga-harga yang murah, supaya pembeli yang lewat tahu kalau harga di tempat anda lebih murah di bandingkan konter yang lain.

Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat bagi anda yang memulai usaha konter pulsa atau hp, di tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *