Bisnis Internasional Yuk, Sukses Ada ditangan Anda!

indexSelamat datang Pengunjung setia bisnisterupdate, Jumpa lagi bersama website sederhana ini… posting kali ini bisnisterupdate.info membahas masalah dengan judul “Bisnis Internasional Yuk, Sukses Ada ditangan Anda!” Yuk Langsung aja simak… go..go..!!

Bisnis Internasional adalah semua transaksi bisnis-swasta dan pemerintah-yang melibatkan dua atau lebih negara.

  1. Hakikat Bisnis Internasional

Hakikat bisnis internasional. Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan melewati batas – batas suatu Negara. Transaksi bisnis seperti ini merupakan transaksi bisnis internasional yang sering disebut sebagai Bisnis Internasional (International Trade) ada juga yang menybutnya sebagai Pemasaran Internasional atau International Marketing. Dilain pihak transaksi bisnis itu dilakukan oleh suatu perusahaan dalam suatu negara dengan perusahaan lain atau individu di negara lain disebut Pemasaran Internasional atau International Marketing. Pemasaran internasional inilah yang biasanya diartikan sebagai Bisnis Internasional , meskipun pada dasarnya ada dua pengertian.

Kita dapat membedakan adanya dua buah transaksi bisnis Internasional yaitu :

  1. Perdagangan Internasional (International Trade)

Perdagangan internasional adalah proses tukar menukar yang didasarkan atas kehendak sukarela dari masing-masing Negara. Adapun motifnya adalah memperoleh manfaat perdagangan atau gains of tride.

Manfaat Perdagangan Internasional:

  1. Saling mendapat petukaran tehnologi guna mempercepat pertumbuhan ekonomi
  2. Menjalin persahabatan
  3. Dapat membuka lapangan pekerjaan
  4. Dapat menambah jumlah dan kualitas barang
  5. Meningkatkan penyebaran sumber daya alam melalui batas Negara.

 

Klasifikasi Bisnis, Tahapan dan Hambatan Memasuki Bisnis Internasional

Bisnis Internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan antara negara yang satu dengan negara yang lain. Bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda.

 

Klasifikasi bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan adalah sebagai berikut :

  1. Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
  2. Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang tak berwujud dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contohnya adalah konsultan dan psikolog.
  3. Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan took dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer.
  4. Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
  5. Bisnis financial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  6. Bisnis informasi adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan terutama dari penjualan-kembali property intelektual/
  7. Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk public, seperti listrik dan air yang biasanya didanai oleh pemerintah.
  8. Bisnis Real Estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan property, rumah, dan bangunan.
  9. Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.

 

TAHAP-TAHAP DALAM MEMASUKI BISNIS INTERNASIONAL – Adapun tahap tersebut secara kronologis adalah sebagai berikut:

  1. Ekspor Insidentil.
  2. Ekspor Aktif.
  3. Penjualan Lisensi.
  4. Franchising.
  5. Pemasaran diluar Negeri
  6. Produksi dan Pemasaran di Luar Negeri

 

EKSPOR INSIDENTIL (INCIDENTAL EXPORT)

Dalam rangka untuk masuk kedalam dunia bisnis internasional suatu perusahaan pada umumnya dimulai dari suatu keterlibatan yang paling awal yaitu dengan melakukan ekspor insidentil.

 

EKSPOR AKTIF (ACTIVE EXPORT)

Tahap ini perusahaan negeri sendiri mulai aktif untuk melaksanakan manajemen atas transaksi itu.

 

PENJUALAN LISENSI (LICENSING)

Tahap ini Negara pendatang menjual lisensi atau merek dari produknya kepada negara penerima.

 

FRANCHISING

Tahap berikutnya mrupakan tahap yang lebih aktif lagi yaitu perusahaan disuatu negara menjual tidak hanya lisensi atau merek dagangannya saja akan tetapi lengkap dengan segala atributnya termasuk peralatan, proses produksi, resep-resep campuran proses produksinya. Dan lain-lain. Bentuk Franchise yang pada saat ini populer dinegara kita dan juga dinegara lain yaitu:

  1. Manajemen sistem yang sudah teruji.
  2. Memiliki nama yang sudah terkenal dan populer.
  3. Performance Record yang sudah mapan untuk alat penilaian.

Sebaliknya bentuk ini juga memiliki kejelekan yaitu :

  1. Biaya tinggi untuk mendapatkan Franchise.
  2. Keputusan bisnis akan dibatasi oleh Franchitor.
  3. Sangat dipengaruhi oleh kegagalan dari bentuk Franchise lain.

PEMASARAN DI LUAR NEGERI

Bentuk ini memerlukan intensitas manajemen serta keterlibatan yang lebih tinggi karena perusahaan pendatang (Host Country) haruslah betul-betul secara aktif dan mandiri untuk melakukan manajemen pemasaran bagi produknya itu dinegara asing (Home Country).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *